Pengembangan Media Kartu Kata Digital Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Pemahaman Menyusun Kalimat Sederhana Siswa SD

Muhammad Rifandi Sadira, Sasih Karnita Arafatun, Feri Ardiansah

Abstract


Siswa mengalami kesulitan dalam menyusun kata menjadi sebuah kalimat sederhana dan belum adanya media pendukung serta minimnya penggunaan media sehingga guru kurang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran yang hanya terpaku oleh buku tematik. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media kartu kata digital berbasis adobe flash cs6 sebagai pemahaman menyusun kalimat sederhana untuk siswa kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengadopsi model Borg and Gall yang meliputi 10 langkah yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produk massal. Subjek penelitian kelas II SD berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, angket (kuesioner) respon siswa dan validasi ahli sedangkan analisis data menggunakan deskripstif kuantitatif pada skala likert dan guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli memperoleh 84% dan ahli media memperoleh 90% dengan kriteria sangat valid, sedangkan uji coba produk memperoleh 100% dan uji coba pemakaian memperoleh 100% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan jika media kartu kata digital berbasis adobe flash cs6 untuk pemahaman menyusun kalimat sederhana siswa kelas II SD yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran

Keywords


Kartu Kata Digital, Adobe Flash CS6, Kalimat Sederhana

References


Apriani, F. N., Novaliyosi, N., & Jaenudin, J. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 88–96.

Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Hasnanto, A. T., & Kholifah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Organ Gerak Manusia Berbasis Adobe Flash Cs3 Kelas V SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 69–82.

Hazmi, N. (2019). Tugas guru dalam proses pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65.

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715–2722.

Irsyad, M. (2020). Media Interaktif Adobe Flash CS6 dengan Model Dart dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Pandemi Covid-19. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 103–130.

Muaiyana, R., Ridwan, R., & Ali, M. (2023). Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 9961–9979.

Rahmawati, I. Y., Nurlianharkah, R., Hasanudin, C., & Fadlillah, M. (2021). Aktualisasi Whole Language sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 49–60.

Rahmawati, Y. (2020). Analisis sintaksis pemerolehan bahasa anak usia 2, 1 tahun. Jurnal Sastra Indonesia, 9(3), 156–164.

Rockyane, I. S., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash dalam pembelajaran menulis cerita siswa kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 767–776.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Sari, D. K., & Rasyimah, M. (2021). Neurolinguistik: Teori Linguistik Dan Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 74–77.

Setiawan, A., & Rosita, R. (2023). Memperkuat Konsep Pendidikan Sekolah Bertaraf Internasional: Analisis terhadap Kajian Literatur dan Best Practices. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 135–151.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sunaryoto, E. (2020). Dimensi Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Al-Islamiyah, Jurnal Pendidikan Dan Wawasan Studi Islam, 2(2), 8–19.

Sundari, F. (2017). Peran guru sebagai pembelajar dalam memotivasi peserta didik usia SD.

Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis bahasa indonesia. Jakarta: UHAMKA.

Wali Kelas II B. (2022). Wawancara dan Observasi Wali Kelas II B SD N 48 Pangkal Pinang pada tanggal 07-08 April 2022.

Yazid, M., Herma, S. M., Husni, M., & Sururuddin, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan adobe flash CS6 pada kelas IV MI NW Sukamulia. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2), 99–112.

Zheng, Y., Zhang, J., Li, Y., Wu, X., Ding, R., Luo, X., Liu, P., & Huang, J. (2024). Effects of digital game-based learning on students’ digital etiquette literacy, learning motivations, and engagement. Heliyon, 10(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v10i1.14728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search