Pictorial Riddle: Pengaruhnya terhadap Domain Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang
Abstract
Abstract:The purpose of this study was to determine the effect of Pictorial Riddle learning model on Physics students learning outcomes of class VIII SMPN1 Seputih Agung on the vibration and waves material. The research method used was a quasi exsperiment design with nonequivalent control group design. The survey result revealed that the normality test of the experimental class Lcount = 0,1557 and class control Lcount = 0,1211 Ltable = 0,172. Terms of normality test Lcount less then Ltable then normality distributed data. To test the homogeneity of Fcount less then Ftable = 1,0064 less then 1,69 then the data homogeneous. Test Hypotheses obtained tcount more than ttable = 4,83 more than 2,01 means that there are significant Pictorial Riddle learning model to the outcomes of students subject matter Physics vibration and waves in class VIII SMPN1 Seputih Agung.
Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model Pictorial Riddle terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa kelas VIII SMPN1 Seputih Agung pada materi getaran dan gelombang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment design dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian diketahui bahwa uji normalitas pada kelas eksperimen Lhitung = 0,1557 dan kelas kontrol Lhitung =0,1211 sedangkan Ltabel = 0,172. Syarat uji normalitas Lhitung kurang dari Ltabel maka data tersebut terdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung kurang dari Ftabel = 1,0064 kurang dari 1,69 maka data homogen. Uji hipotesis didapatkan thitung lebih dari ttabel = 4,83 lebih dari 2,01 artinya, terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Pictorial Riddle terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN1 Seputih Agung pada pokok bahasan getaran dan gelombang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Ayu, N., & Murniati, N. (2013). Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Kelas XI RPL 1 SMK N 8 Semarang. Seminar Nasional 2nd Lonttar Physics Forum, 72, 1.
Asih Widi W & Eka Sulistiyawati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Optika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(1), 2.
Diani, R. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Inquiring Minds Want To Know Di Smp Negeri 17 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(1).
Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.108
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05, 5(2).
Fayakun. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) dengan Metode Predict, Observe, Explain terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003
Giancoli, D. C. (2001). Fisika (Edisi Keli). Jakarta: Erlangga.
Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1–14.
JIhad, A & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.
Kristianingsih, D. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan …, 6(1), 10–13.
Kusumah, D. H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Facebokk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Di Smk Negeri 3 Surakarta, (November).
Primavera Citra Risqi Ika, D. (2014). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, (September), 122–129.
Saputro, T., & Latifah, S. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 29–37.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation Dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik : Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Sitti, Awal, U. M. M., Ahmad, Yani, U. N. M., & Bunga Dara, Amin, U. N. M. (2016). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Peranan Metode Pictorial Riddle Terhadap Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(2), 249–266.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widodo, & Widayanti, L. (2013). Promblem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Fisika Indonesia, XVII(49), 32–35.
Yuswanti, Y. (2011). Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT . Lestari Tani Teladan ( LTT ) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 185–199.
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.