Pengembangan E-Module Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Abstract: This research is included in research and development that aims to produce e-module characterized by ethnomathematics on the matter of building a flat side space. Making this e-module using exe-learnig applications. This research use 4-D development model that is Define, Design, Development and Disseminate. The results obtained from the list of experts with an average score of 3,88 and media experts with an average score of 3,90 so that the product has met the eligibility criteria, while the teacher response to get an average score of 3,08 with interesting criteria and response learnes with an average score of 3,52 are included in very interesting criteria. So it can be concluded that the developed e-modue declared eligible for use.
Abstrak: Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan e-module yang bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar. Pembuatan E-module ini menggunakan aplikasi exe-learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 3,88 dan ahli media dengan skor rata-rata 3,90 sehingga produk dinyatakan telah memenuhi kriteria kelayakan, sedangkan untuk respon pendidik mendapatkan skor rata-rata 3,08 dengan kriteria menarik dan respon peserta didik dengan skor rata-rata 3,52 termasuk dalam kriteria sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-module yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alif Satria Egar Santosa, Gede Saindra Santyadiputra, & Dewa Gede Hendra Divayana. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja, 6(1).
Elma Purnama Aini, Komarudin, & Ruhban Masykur. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal, 1(1), 73–79.
Iis Siti Harjo, & Dimas Ridho. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hail Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon, 7(3), 80–86.
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1).
Milton Rosa, & Daniel Clark Orey. (2010). Ethnomathematics : the cultural aspects of mathematics, 4(2), 35.
Rosida Rakhmawati M. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung, 7(2), 221–230.
Safitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Aksioma, 6(2), 1.
Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP, 1(2), 201–207.
Widayanti, W., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan Alat Praktikum Sederhana sebagai Media Praktikum Mahasiswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 21–27.
Wiwin Sumiyati, Netriwati, & Rosida Rakhmawati M. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geomeetri Berbasis Etnomatematika, 1(1), 15–21.
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.