Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Matematika Berbasis Android pada Siswa Kelas V SD Semester 1

Satria Rusdiansyah, Leonard Leonard

Abstract


Materi matematika yang selalu menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa belum ada yang dikemas dalam media pembelajaran Motion Graphic. Padahal proses pembelajaran dengan menggunakan video Motion Graphic lebih menarik perhatian siswa, dapat meningkatkan fokus dan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti memilih mengembangkan media pembelajaran Motion Graphic berbasis Android sebagai solusi permasalahan yang ada. Melalui pengembangan media pembelajaran video animasi Motion Graphic berbasis Android ini peneliti bertujuan untuk membuat peserta didik akan lebih semangat lagi untuk belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Motion Graphic matematika berbasis android pada pelajaran matematika. Metode yang dipakai metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), tapi lebih difokuskan pada proses pengembangan menggunakan metode ADDIE. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, merancang, membuat media pembelajaran Motion Graphic berbasis Android, dan dilanjutkan dengan uji pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran Motion Graphic matematika berbasis Android pada siswa kelas V SD semester 1. Hal ini dilihat dari hasil validasi oleh ahli media sebesar 87,5% dinyatakan baik. Lalu hasil validasi oleh ahli materi sebesar 87,5 % dinyatakan baik. Setelah dilakukan uji validasi oleh para ahli kita lakukan uji coba kepada kelompok kecil mendapatkan hasil 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Motion Graphic matematika berbasis Android ini layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran, Motion Graphic Matematika, Android, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 2(2).

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sd/Mi. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 56-67.

Chiu, M. M. (2010). Effects Of Inequality, Family Anda School On Mathematics Achievement: Country And Student Differences. Social Forces, 88(4).

Cunningham, P. D. (2017). Bridging The Distance: Using Interactive Communication Tools To Make Online Education More Social. Library Trends, 65(4), 23-35.

Dominguez, H. (2005). Bilingual Students Articulation And Gesticulation Of Mathematical Knowledge Durng Problem Solving. Bilingual Students Articulation And Gesticulation Of Mathematical Knowledge Durng Problem Solving, 4(2).

Dwiflora, R. O., & Cofriyanti, E. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2d (Motion Graphic) Pada Mata Kuliah Praktikum Fotografi Dasar. Cogito Smart Journal, 7(2), 204-214.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177-182.

Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia, 10(1), 59-64.

Fuad, M., Deb, D., Etim, J., & Glotser, C. (2018). Mobile Response System: A Novel Approach To Interactive And Hands-On Activity In The Classroom. Educational Technology Research And Development, 66(2), 493-514.

Gomez-Zermeno, M. (2012). Digital Libraries. Electronic Bibliographic Resources On Basic Education. Comunicar, 66(2), 119-128.

Grus, C. L., & Rozensky, R. H. (2019). Competency-Based Continuing Education In Health Service Psychology: Ensuring Quality, Recommendations For Change. Professional Psychology: Research And Practice, 50(2), 106-117.

Holzinger, A., Kickmeier-Rust, M., & Albert, D. (2008). Dynamic Media In Computer Science

Education; Content Complexity And Learning Performance: Is Less More?. Educational Technology And Society, 11(1), 279-290.

Leonard & Wibawa, B. (2020). Development Of Teacher Research Competency Training System In Indonesia: A Need Analysis. Universal Journal Of E Ducational Research, 8(5).

Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar‟, Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4), 1-9.

Li, M. (2017) Ideological Education Plays An Important Role In The Construction Of Campus Culture. Internatio. Atlantis Press.

Liboni, L. B., Cezarino, L. O., Jabbour, C. J. C., Oliveira, B. G., & Stefanelli, N. O. (2019).

Smart Industry And The Pathways To Hrm 4.0: Implications For Scm. Supply Chain Management, 24(1).

Liu, E. F., & Lin, C. H. (2019). The Survey Study Of Mathematics Motivated Strategies For Learning Questionnaire (Mmslq) For Grade 10-12 Taiwanese Student. Turkish Online Journal Of Education Technology, 24(1). 1-12.

Markovits, Z., & Forgasz, H. (2017). “Mathematics Is Like A Lion”: Elementary Students Belief About Mathematics‟, Educational Studies In Mathematics, 96(1), 49-64.

Miele, D. B., Browman, A. S., & Vasilyeva, M. (2019). Individual Differences In Students‟ Effort Source Beliefs Predict Their Judgments Of Ability. Motivation Science.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology, 6(2), 22-26.

Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Noh, N. M., Siraj, S., Jamil, M. R. M., Husin, Z., & Sapar, A. A. (2015). Design Of Guidelines On The Learning Psychology In The Use Of Facebook As A Medium For Teaching & Learning Ni Secondary School. Turkish Online Journal Of Educational Technology, 14(1), 39-44.

Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Digital Berbasis Motion Graphic Pada Pendalaman Materi IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3649-3656.

Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jrpk: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2(2), 160-167.

Purwanti, A., & Haryanto, H. (2015). Pengembangan Motion Graphic Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 190-200.

Rafif, G. N., Ajie, H., & Sastrawijaya, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Pada Mata Pelajaran Ddg Untuk Peserta Didik Di Smk Program Keahlian Multimedia. Pinter: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 5(2), 37-41.

Riris, E., & Syah, M. F. J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphics Berbasis Power Point Pada Kd Kerjasama Ekonomi Internasional Mapel Ekonomi Untuk Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Gondang. In Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosa, A. T. R. (2019). Using Human Resources Character Education Through The Characteristics Of Art And Culture. In International Symposium On Social Science, Education And Humanities (Isseh 2018). Atlantis Press.

Rusdiansyah, S., & Leonard, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Matematika Berbasis Android Pada Siswa Kelas V Sd Semester 1. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 135-144.

Sharma, L. (2015). A Review Of The Hole Of Hei‟S In Developing Academic Entrepreneurship. Journal Of Entrepreneurship In Emerging Economies, 7(2).

Utami, N. T., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan Youtube Pembelajaran Persamaan Lingkaran Di Sma Menggunakan Videoscribe. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 155-165.

Wahyuni, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Compact Disc Interactive (Cd-I) Berbasis Video Scribe Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Mata Pelajaran Tkb Kelas X Tav di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2), 161-166.

Zaki, R. A., & Islam, M. A. Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Berbasis Motion Graphic. Jurnal Seni Rupa, 10(3), 22-37




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search