PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi hands move dengan menggunakan aplikasi videoscribe dan camtasia studio 8 pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam, untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran video animasi hands move yang dikembangkan, untuk mengetahui respon pengguna, serta mengukur pemahaman peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kaligandu Kota Serang yang berjumlah 20 peserta didik Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian adalah (1) didapatkan skor rata-rata dari validasi ahli dengan presentase sebesar 86,19% yang termasuk dalam kategori “sangat layak” (2) skor rata-rata respon peserta didik dengan presentase sebesar 93,18% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” (3) skor rata-rata respon guru dengan presentase sebesar 100% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” (4) skor rata-rata pre-test 39,25 dengan kategori “kurang” sebelum menggunakan media video animasi hands move dan post-test sebesar 83 dengan kategori “sangat baik” setelah menggunakan media video animasi hands move yang telah mengalami peningkatan sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan layak digunakan serta dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik kelas IV pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Videoscribe, Camtasia Studio 8, Ilmu Pengetahuan Sosial
Abstract
This study aims to develop learning media in the form of video animation hands move using applications videoscribe and camtasia studio 8 on economic activity material based on natural potential, to determine the validity level ofanimation video learning media hands move developed, to determine user response, and measure learners' understanding. The subjects of this study were the fourth grade students of Kaligandu Elementary School in Serang City, which numbered 20 students in the 2018/2019 Academic Year. The results of the study are (1) obtained an average score from expert validation with a percentage of 86.19% which is included in the category of "very feasible" (2) the average score of students' responses with a percentage of 93.18% which is included in the category "Very good" (3) the average score of the teacher's response with a percentage of 100% which is included in the "very good" category (4) the average score of pre-test 39.25 with the category "less" before using video animation media hands move and post-test amounting to 83 with the "very good" category after usingvideo animation media hands move that has improved so that it can be concluded that learning media animation videos hands move with an environmental context feasible to use and can provide understanding to class IV students on material economic activities based on natural potential.
Keywords: Learning Media, Video Animation, Videoscribe, Camtasia Studio 8, Social Sciences
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
_______ . (2011). Media pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Aripin. (2009). Step by step membuat video tutorial menggunakan Camtasia Studio. Bandung: Oase Media.
Chusnul, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 16(4): 1-8.
Depdikbud. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fajaria, S. (2015). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Bakalan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7(5): 692-702.
Ikhwanul, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. Vol. VI(1): 26-34.
Lisnani. (2013) Desain Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Fable “Dog Catches Cat” And Puzzle Tangram Di Kelas II SD. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334. Vol.4, No.1 (Hal. 11-25) Juni 2013.
Mulyasa, E. (2015). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Munir, (2013). MULTIMEDIA dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Ilmu Pengetahuan Sosial.
Ponza P, Jampel N, dan Sudarma K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 9(2): 8-18.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
___________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
___________. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: ALFABETA.
Suryani N, Setiawan A, dan Putria A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaodih, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Widyastuti dan Nurhidayati. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jawa. Diklat Mata Kuliah Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Video scribe dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun 2015/2016. Tersedia pada https://lib.unnes.ac.id/24062/. diakses pada 5 Maret 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
________________________________________________________________________________________________________
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported License. p-ISSN 2355-1925 | e-ISSN 2580-8915
_____________________________________________________________________________________________