Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz

Untung Nopriansyah, Dara Ismanuar

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika kelas VI melalui penggunaan media pembelajaran quizizz. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class Action Research (CAR). Desain penelitian mengadopsi dari model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting), dalam 2 kali pertemuan dan tiap-tiap siklus diakhiri dengan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan model statistik seperti tabel dan diagram dari hasil observasi dan nilai setiap siklus serta menggunakan analisis data kuantitatif dengan membandingkan data yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 7,28 siswa yang mendapat nilai ≥ 8,0 sebanyak 10 siswa (56%). Kemudian pada siklus dua diperoleh nilai rata-rata 8,0, siswa yang mendapat nilai ≥ 8,0 sebanyak 16 siswa (89%). Terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan aplikasi quizizz merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam mata pelajaran matematika pada materi bangun ruang

Keywords


Hasil Belajar, Matematika, Media Quizizz

References


Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Ariati, N., & Andriani, Y. (2020). Pengenalan aplikasi belajar online di tengah masa pandemi pada kelompok belajar ikhtiari Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(2). https://doi.org/10.36982/jam.v4i2.1271

Arrahim, A., Yulianti, H., & Sugiharti, R. E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 208–218. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.120037

Astutik, S., & Bektiarso, S. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525

El Muhtaj, M., Siregar, M. F., Pa, R. B. B., & Rachman, F. (2020). Literasi hak asasi manusia dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi. Jurnal Ham, 11(3), 369. http://dx.doi.org/10.30641/ham.2020.11.369-386

Faradina, E., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 51–65. https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2601

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh metode suku kata dengan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Hakim, R. N. (2021). Analisis tingkat kecemasan matematis siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p809-816

Hamid, A., Babo, R., & Shaleh, S. F. (2023). Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan Aplikasi Quiziz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD Wilayah 1 Kecamatan Mallawa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3068

Hanifah, N. M., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi (Kotela) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(3), 134–139. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734

Haryadi, R., & Nurmala, R. (2023). Pengaruh penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran Fisika. Academy of Education Journal, 14(1), 133–141. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i1.1371

Irawan, I. C., & Amirudin, N. (2024). Penerapan Metode Quizizz dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi , 7(1), 37–44. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v7i1.2937

Jati, D. H. P., & Mediatati, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Aplikasi Quizizz. Journal of Education Action Research, 6(3), 383–389. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.50348

Jong, A., & Tacoh, Y. T. B. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 131–147. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan media canva dan aplikasi quizizz pada pembelajaran teks fabel peserta didik SMP. Semantik, 11(1), 61–70. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Nahdhiah, U., Rahayuningsih, S., & Untari, S. (2024). Game Edukasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Perkembangan Teknologi Transportasi Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6578–6589. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14754

Qomaruddin, F. (2022). Problematika implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran bahasa Arab di MA Nasyi’in Sidoarjo. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 6(2), 251–268.

Rahim, R., & Rahman, M. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 232–238. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.1845

Sa’diyah, I., Savitri, A., Widjaya, S. F. G., Wicaksono, F., & Wibisono, A. D. R. (2021). peningkatan keterampilan mengajar Guru SD/MI melalui pelatihan media pembelajaran edugames berbasis teknologi: Quizizz dan baamboozle. Publikasi Pendidikan, 11(3), 198–204. https://dx.doi.org/10.26858/publikan.v11i3.22951

Samidi, R., & Suharno, S. (2018). Implementasi nilai keadilan sosial melalui pendidikan perspektif TGKH Zainuddin Abdul Majid. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3(2), 374–384. https://doi.org/10.25217/jf.v3i2.314

Sipayung, Z., & Sihotang, H. (2022). Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7129–7138. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3871

Suhartini, N. (2022). Penerapan Media Interaktif Quizizz Sebagai Sarana Evaluasi Belajar Siswa Berbasis Daring Di Kelas III A SDN Sidokumpul Kecamatan Sidoarjo. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 187–202. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.335

Utami, M. D., Subroto, W. T., & Hendratno, H. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Quiziz Dalam Pembelajaran IPS Kelas V. Journal of Education Research, 4(4), 2420–2425. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.646

Yunita, A. R. (2021). Manifestasi Perilaku Belajar bagi Perkembangan Self Esthem Santri. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.523

Yustina, A., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 593–598. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.977

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v11i1.22311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Untung Nopriansyah, Dara Ismanuar, Dara Ismanuar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search