Media Pembelajaran ICT Berbasis Video Animasi Interaktif Bahasa Inggris di Kelas III SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariawan, I. K. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66639
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Astutiningtyas, R., & Yanuartuti, S. (2020). Relokasi pembelajaran seni dalam bentuk daring online untuk meningkatkan kreativitas selama pandemi covid-19. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 138–145. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1182
Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan pendampingan pembuatan dan pemanfaatan media audio-visual interaktif dalam pembelajaran sejarah yang berbasis pada konservasi kearifan lokal bagi MGMP sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29722
Ayuningtyas, I., Fadhilah, M. A., & Arifin, R. W. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif. PIKSEL: Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 85–94. https://doi.org/10.33558/piksel.v6i1.1403
Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969
Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan video animasi powtoon sebagai media pembelajaran bahasa inggris usia sekolah dasar di masa pandemi. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4834
Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Nearpod. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418–426. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327–338. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Hermawan, Y. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Pendidik di Era Digital. Quality, 8(2), 303–318. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.8182
Inayah, I. S. (2023). Peran Media Pembelajaran “Papan Pintar” Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2923–2936. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10049
Insiyah, L. W., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Plotagon Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14000
Kurniawan, A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di SMP Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur. Jurnal Teknodik, 55–64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.369
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Munawaroh, L., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 170–180. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.39651
Muslih, Y. N. (2022). Layanan Konsultasi Melalui Parental Mediation untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(2), 169–192. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i2.4689
Pratama, I. P. A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 317–329. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.47377
Puspitasari, N. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid 19 pada guru SD Negeri Dukuhwaru 01. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2).
Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran: Kearah pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal Teknodik, 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690
Rodiya, Y., Nugroho, W., & Kardipah, S. (2022). Pemanfaatan Dan Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis ICT Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 102–118. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v10i1.6214
Rusmana, I. M., & Kurniawarsih, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.11
Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.32598
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video animasi pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Sumarsono, A., Anisah, A., & Iswahyuni, I. (2019). Media interaktif sebagai optimalisasi pemahaman materi permainan bola tangan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v15i1.24051
Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video pembelajaran berbasis problem solving terintegrasi chanel youtube: pengembangan pada materi cahaya kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.572
Widiya, W., & Reinita, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Video Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn Gugus 1 Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 108–117. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.282
Windiani, P. A., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Pernapasan Hewan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 341–353. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.45354
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v11i1.17599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cindy Aurellia
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
________________________________________________________________________________________________________
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported License. p-ISSN 2355-1925 | e-ISSN 2580-8915
_____________________________________________________________________________________________