Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016

Hardiyansyah Masya, Dian Adi Candra

Abstract


Artikel ini berisi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada siswa. game online sendiri memiliki salah satu penyimpangan yang dilakukan oleh remaja karena kecanduan game online termasuk berbohong. Kebiasaan berbohong ini disebabkan oleh remaja yang notabene masih pelajar mendapatkan uang dari orang tua mereka. Jika mereka berkata terus terang meminta uang untuk bermain game online, tentu saja orangtua sulit memberi. Karena alasan ini, banyak remaja memilih untuk berbohong. Jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain game dapat memengaruhi perilaku remaja, termasuk kemalasan. Selain itu, berbagai game online sering membutuhkan uang untuk membeli senjata game, sehingga ada kemungkinan bahwa sebagian besar pengguna masih pelajar yang berbohong kepada orang tua karena berbagai alasan untuk memenuhi hobi mereka bermain game online. Perubahan perilaku pada remaja yang kecanduan game online mungkin tidak dirasakan oleh remaja itu sendiri, tetapi dapat dirasakan oleh orang lain di lingkungannya, terutama orang tua, hal ini dibuktikan dengan banyaknya remaja yang sering bermain bolos dan menghabiskan waktu di depan komputer daripada buku, sehingga menyebabkan kegiatan sekolahnya terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menggambarkan faktor-faktor yang menyebabkan remaja lebih memilih game online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini dilakukan di MA Al Furqon Prabumulih pada tahun akademik 2015/2016 pada tanggal 26 Februari hingga 26 Maret sesuai dengan jadwal yang disepakati. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Al-Furqon Prabumulih sebanyak 53 siswa.

Keywords


Game; on line; Behavior; Addiction

Full Text:

PDF

References


Alquran dan terjemahnya. Bandung: CV Di Penogoro. 2005.

Aderson. Pengaruh lingkungan game online terhadap anak.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.

Angela. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. ejournal Ilmu Komunikasi. Vol. 1. No. 2. 2013. h.533. tersedia: https://www.scribd.com/.../Jurnal-PDF-07-16-13-03-1...,[diakses pada tanggal 28 oktober 2015 jam 15.00]

Anandri Rezky Dwie. Orang Tua Dengan Pola Asuh Permisif & Resiko Anak Kecanduan Game Online. Tersedia: http://dwirezkyanandari.blogspot.com/2014/11/orangtua-dengan-pola-asuh-permisif.html.[diakses pada tanggal 10 Oktober 2015]

Arikunto, Suharsimi. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Erman Amti dan Prayitno. Dasar-Dasar Bimingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.

Deodo Laufi Dian Saputra. makalah dampak game online terhadap kaum remaja. tersedia: http// ber5aja.blogspot.com/.../dampak-game-online-terhadap-kaum-remaja.ht..,[diakses pada tanggal 28 oktober 2015 jam 15.00]

Feprinca Dica. Hubungan Motivasi Bermain Game Online Pada Masa Dewasa Awal Terhadap Perilaku Kecanduan Game Online Defence Of Ancients (DotA 2). tersedia: http://psikologi.ub.ac.id/wp-content/ .../09/JURNAL8.pdf, [diakses pada tanggal 10 Oktober 2015 jam 16:00]

Gaol Lumban Theresia. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. tersedia:http//,lontar.ui.ac.id/file?file...Huungan%20kecanduan.pdf[diakses pada tanggal 29 Januari 2016 jam 15.33]

Iyannehemiah. Dampak Game Online Bagi Pelajar. Tersedia: https://iyannehemiah.wordpress.com/[dikases pada tanggal 10 oktober 2015 jam 18.00]

Kuswana, Sunaryo Wowo. Biopsikologi Pembelajaran Perilaku. Bandung: Alfabeta. 2014.

Lindzey,G, dan Hall C,S. Teori-teori Holistik Organismik. Jakarta: 1994.

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Mustofa,Heri. Bikin Game Flash 3D dengan Aplikasi Gratisan. Yogyakarta: ANDI. 2014.

Nani M. Sugandhi dan Syamsu Yusuf L.N. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Grafindo Persada. 2011.

Nofrita, Ade. Mahasiswa Yang Menggunakan Internet Secara Berlebihan Fakultas Psikologi. Jakarta: 2009.

Permainan Daring-Wikepedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia. tersedia: https://id.m.wikipedia.org> wiki.Permainan daring.com. [diakses pada tanggal 8 Oktober 2015 jam 10.00]

Santoso Whitney Trecy. Perilaku Kecanduan Permainan Internet Dan Faktor Penyebabnya Pada Siswa Kelas VIII. Vol 2. No. 2. 2013. tersedia: http://journal.unnes.ac.id/ ../2949 [diakses pada tanggal 29 Janurai 2016 jam 13:00]

Santoso Whitny Trecy. Perilaku Kecanduan Permainan Internet Dan Faktor Penyebab Pada Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri(Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri). tersedia: http// lib.unnes.ac.id/17403/1/1301408036.pdf, [diakses pada tanggal 10 Oktober 2015 jam 12.30]

Smart Aqila, Cara Cerdas Mengatasi Anak Kecanduan Game, Jogjakarta, A plus books, 2010.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta. 2012.

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya).Yogyakarta: Bumi Aksara 2003 .

Rosidi David. Contoh Makalah Pengaruh Game Online Terhadap. tersedia: http:// davidrosidi.blogspot.com, [diakses pada tanggal 10 Oktober 2015 jam 18.00]

Triton dan Hariwijaya. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Yogyakarta: Tugu Publisher. 2008

Wati Herlia. Metodelogi Penelitian. Tersedia: http://herliamr. blogspot.com/2012/05/ bab-iv.html, [diakses tanggal 06 Oktober 2015, jam 7.30].

Willis. Makalah Game. tersedia:http// Willis.himatif.or.id/download/MAKALAH% 20GAME%20 ONLINE.doc,diakses tanggal 09 Oktober 2015 jam 09.00]

Yahya Muhammad. Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tersedia: http:// www.kompasiana.com/sahriramadan/pengaruh-game-online-terhadap-pr...,pada tanggal 10 Oktober 2015 jam 20.00]

Yanto Riki. Pengaruh lingkungan game online terhadap anak (Studi Kasus Pada 5 Orang Remaja Pelaku Game Online di Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang). tersedia: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16852,[diakses pada tanggal 28 oktober 2015 jam 15.00]

Zardian Ardi. Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. ejournal konseling dan pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2013, h. 1-5, tersedia: http:// jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/.../1,[diakses pada tanggal 10 Oktober 2015 jam 12.30]




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/kons.v3i2.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Hardiyansyah Masya, Dian Adi Candra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

rajajp188

klik4d

cukong88

12djarum