Anarkisme Epistemologis Paul Karl Feyerabend dan Relevansinya dalam Membentuk Pandangan Moderasi Beragama
Abstract
Tulisan ini akan membahas pemikiran anarkisme epistemologis Paul Karl Feyerabend. Ia merupakan salah satu dari sekian banyak filosof kontemporer yang melancarkan kritik terhadap aliran positivisme yang begitu mendominasi cara berfikir orang modern. Tulisan ini akan berfokus pada anarkisme epistemologis Paul karl Feyerabend dan relevansinya dalam membentuk pandangan moderasi beragama pada masyarakat Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kepustaan dan menggunakan metode diskriptif analisis. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa meskipun pemikiran Paul Karl Fayerabend mengenai anarkisme epistemologis yang pada awalnya hanya untuk mengkritisi cara berfikir positivisme, namun juga dapat bermanfaat dalam membentuk pandangan moderasi beragama. Salah satu yang paling menonjol adalah prinsip dari anarkisme epistemologis yaitu anything goes atau prinsip apa saja boleh, yang pada akhirnya akan melahirkan pluralitas metode dan pluralitas pengetahuan. Jika hal ini dikaitkan dengan kajian moderasi beragama, maka pandangan moderasi beragama tidak akan terwujud kecuali masing-masing umat beragama menyadari bahwa dalam memahami agama terdapat pluralitas metode yang pada akhirnya menghasilkan pluralitas tafsir agama.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adian, Donny Grahal. Menyoal Objektivisme Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Teraju, 2002.
Agus Akhmadi “Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia” dalam Jurnal Diklat Keagamaan Vol. 13 No. 2 Februari 2019.
Ali Trigiyatno “Zakat Profesi antara Pendukung dan Penentangnya” dalam Jurnal Hukum Islam Vol. 14, No. 2 Desember 2016.
Feyerabend, Paul. Againts Methode. London: New Left Books, 1975.
______________.How to Defance Society Against Science. New York: Oxford University Press. 1981.
K. R. Popper. Objective Knowladge. Oxford: Clarendom Press, 1972.
Kementerian Agama. Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama, 2019.
Kuhn, Thomas. The Structure of Scientific Revolution. Chicago: Chicago University Press, 1970.
Kurnia, Yuangga Y “Fenomena Kekerasan Bermotif Agama di Indonesia” dalam Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam Vol. 15 No. 2 September 2017.
Lubis, Akhyar Yusuf. Feyerabend: Penggagas Anti Metode. Jakarta: Teraju, 2003.
M. Shofiyyuddin “Anarki Epistemologis Paul Karl Feyerabend dan Relevansinya Pada Epistemologi Tafsir Al-Quran”, dalam Hermeneutika Vol. 9 No. 1, Juni 2015.
M. Tahir “Kontribusi Pemikiran Filsafat Anarkisme Epistemologis Paul K. Fayerabend Terhadap Studi Islam”, dalam Lentera Vol. XVIII No. 2 2016.
Mohamad Fahri dan Ahmad Zainuri “Moderasi Beragama di Indonesia” dalam Intizar Vol. 25 No. 2 Desember 2019, h. 97.
Santoso, Listiyono, dkk. Seri Pemikiran Tokoh Epistemologi Kiri. Yogyakarta: Arruzmedia, 2010.
Prasetya. Hakikat Pengetahuan dan Cara Kerja Ilmu-Ilmu. Jakarta: Gramedia, 1993.
Widayat, Prabowo Adi “Konsep Anarkisme Epistemologis Paul Karl Feyerabend Dalam Pendidikan Islam” dalam Jurnal Tarbawiyah Vol. 11 No. 1 2014.
Wira Hadi Kusuma “Epistemologi Bayani, Irfani, dan Burhani Al-Jabiri” dalam Syiar Vol. 18 No. 1 Januari 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v20i2.7605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Analisis: Jurnal Studi Keislaman
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
Analisis: Jurnal Studi Keislaman Indexed by:
ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman [p-ISSN: 2088-9046, e-ISSN:2502-3969] published by Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Office: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, INDONESIA, KP. 35131. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis, email: analisis@radenintan.ac.id