Islam Nusantara Sebagai Upaya Kontekstualisasi Ajaran Islam Dalam Menciptakan Moderasi Beragama

Muhammad Alwi HS

Abstract


This article will contextualize the teachings of Islam from Arabic to Indonesia by linking them to the Islam Nusantara. This article will also show the moderate Islamic style displayed by Islam Nusantara. As for analyzing, this paper uses a descriptive-analytical method using contextualization theory, namely the search for understanding of Islamic teachings by involving context, as a knife of analysis. Some of the research results achieved by this paper are the contextualization of Islamic teachings from Arabic to Indonesia that has been carried out since the early spread of Islam in Indonesian soil as practiced by Walisongo. The spread of Islam in Indonesia did not bring about Arabic discourse, but found Islamic teachings (God's message) that were spread in Arab society, then applied in the context of Indonesian society. Furthermore, Islam Nusantara always displays the true spirit of Islam, spreads Islam peacefully, is tolerant of the differences faced, and maintains a wushta (moderate) attitude in addressing life's problems.


Keywords


Islam; Kontekstualisasi; Islam Nusantara; Moderat;

Full Text:

Untitled

References


Akun facebook Nadirsyah Hosen tentang Islam Nusantara: Islam Lokal yang menuju Islam Global, dipublikasikan pada tanggal 5 Juli 2018. Diakses pada tanggal 13 September 2018.

Al Makin, Keragaman Dan Perbedaan, Budaya Dan Agama Dalam Lintas Sejarah Manusia, 2016, (Yogyakarta: SUKA-Press).

Al-Ghazali Muhammad, tt, Fiqhus Sirah, terj. Abu Laila dan Muhammad Tohir, (Bandung: Al-Ma’arif).

Alma’arif, “Islam Nusantara: Studi Epistemologis dan Kritis”, Jurnal Analisis: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 15, 2015.

Astuti, Hanum Jazimah Puji, “Islam Nusantara: Sebuah Argumentasi Beragama Dalam Bingkai Kultural” dalam jurnal NJECT: Interdisciplinary Journal of Communication Vol. 2, 2017.

Bagir, Haidar. 2017, Islam Tuhan, Islam Manusia: Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau, (Penerbit Mizan, Bandung).

Dhofier, Zamakhsyari. 2009. Tradisi Pesantren: Memadu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa, (Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press).

Donner Fred M., 2015, Muhammad dan Umat Berima: Asal Usul Islam, terj. Syafaatun Almirzanah, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama).

Ghafur, Waryono Abdul. 2008. Millah Ibrahim dalam al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an Karya Muhammad Husein Ath-Thabatha’I. (Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga).

Hitti, Philip K., 2006, History of The Arabs: From the Earliest Timer to the Present, terj. R. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi (Jakarta: Serambi Ilmu Semesta).

http://www.nu.or.id/post/read/81953/pesatnya-perkembangan-pesantren-di-indonesia. diakses pada tanggal 16 September 2018.

https://ristekdikti.go.id/saatnya-santri-membangun-indonesia/ diakses pada 13 September 2018.

Ismail, Faisal, 2016, Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis Analisis Historis, (Yogyakarta: Penerbit Ombak).

Kanal Youtube “164 Channel” tentang “Mengapa Islam Nusantara?”, dipublikasikan pada tanggal 24 Maret 2016. Diakses pada 12 September 2018.

Kanal Youtube “Golongan Kanan”, tentang Apa Maksud Islam Nusantara –Ustadz Khalid Basalamah, dipublikasikan pada tanggal 9 Desember 2016. Diakses pada 11 September 2018.

Kanal yutub “Yufid.TV-Pengajian dan Ceramah Islam”, tentang Tanya Jawab: Islam Nusantara –Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. dipublikasikan pada tanggal 9 September 2015. Diakses pada 11 September 2018.

Karen Armstrong, Sejarah Tuhan: Kisah 4.000 Tahun Pencarian Tuhan dalam Agama-agama Manusia, terj. Zainul Am, (Bandung: Mizan Pustaka, 2016).

Maharsi, “Memahami Islam Nusantara: Kajian Simbolis Struktural terhadap Naskah Sejarah Melayu”, dalam Himayatul Ittihadiyah dkk, 2011 Islam Indonesia dalam Studi Sejarah, Sosial, dan Budaya (Teori dan Penerapan), (Yogyakarta: PKSBi Juran SKI Fakultas Adab dan Ilmu BUdaya UIN Sunan Kalijaga).

Prolog Kamaruddin Hidayat dalam Khoiruddin Bashori, 2003, Problem Psikologis Kaum Santri: Risiko Insekuritas Kelekatan, (Yogyakarta: FkBA).

Sahal, Akhmad dan Munawir Aziz (ed). 2016. Islam Nusantara: dari Ushul Fiqh hingga Paham Kebangsaan, cet. III, (Bandung: PT Mizan Pustaka).

Shihab, M. Quraish. 2010. Membumikan Al-Qur’an Jilid 2: Memfungsikan Wahyu dalam Kehidupan, (Jakarta: Lentera Hati).

______. 1995. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan).

Sodiqin, Ali, 2008, Antropologi al-Qur’an, Model Dialektika Wahyu dan

Budaya, (Yogyakarta: ar-Ruzz Media Group).

Wahid, Abdurrahman. 2007. Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan, (Jakarta: The Wahid institute).

Wijaya, Aksin. 2016. Menalar Islam: Menyingkap Argumen Epistemologis Abdul Karim Soroush dalam Memahami Islam, (Ponorogo: STAIN Po PRESS).

Yusuf, Mundzirin dkk, 2005, Islam dan Budaya Lokal, (Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v16i1.8569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.