Islam Toleran: Membangun Harmoni Beragama Berbasis Spiritual

Andi Eka Putra, Ratu Vina Rohmatika

Abstract


Many methods have been tried and pursued in order to build a tolerant Islam in Indonesia. The various methods that have been tried are dialogue with its various models, ethnic communication, religious harmony, and cooperation. Theoretically, several approaches have been taken and implemented in order to build genuine tolerance. One of the significant and contextual theoretical approaches in building tolerant Islam in Indonesia is through the Sufism approach or the Islamic spiritual path. Spiritual expression emphasizes harmony, openness and acceptance of others which is true, without further ado or false tolerance. Spirituality is the core of diversity in Indonesia that can be offered to the world.


Keywords


Islam; Tolerance; Sufism; Spiritual

Full Text:

Untitled

References


Abdurrahman Wahid, Islamku, Islam Anda, Islam Kita, (Jakarta: The Wahid Institute, 2006)

Alwi Shihab, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka Dalam Beragama, (Bandung: Mizan, Bandung, 1999)

______, Membedah Islam di Barat: Menepis Tudingan, Meluruskan Kesalahpahaman, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004)

Bawa Muhayyaddin, Tasawuf Mendamaikan Dunia, terj. Su’aidi Asy’ari, diberi kata pengantar oleh Annemarie Schimmel, (Jakarta: Pustaka Hidayah, 2006).

Budhy Munawar-Rachman, Sekularisme, Liberalisme dan Pluralisme, (Jakarta: Grasindo, 2010)

Goenawan Mohamad, “11/9”, Majalah Tempo Edisi 06 Oktober 2001.

Haidar Bagir, “Islam (juga) Agama Cinta: Pengantar Penerbit”, dalam John D. Caputo, Agama Cinta, Agama Masa Depan, terj. Martin Lukito Sinaga, (Bandung: Mizan, 2013)

Hans Kung, “Perdamaian Dunia, Agama-agama Dunia, Etika Dunia”, dalam Ali Noer Zaman (Ed), Agama Untuk Manusia, terj. Ali Noer Zaman, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000)

Husein Muhammad, Mengaji Pluralisme Kepada Mahaguru Pencerahan, (Bandung: Mizan, 2011)

JB. Banawiratma dan Zainal Abidin Bagir (ed), Dialog Antarumat Beragama: Gagasan dan Pralktik di Indonesia, (Bandung: Mizan, 2010)

John L. Esposito, Masa Depan Islam: Antara Tantangan Kemajemukan dan Benturan dengan Barat, terj. Yuliani Liputo, (Bandung: Mizan, 2010)

Karen Amstrong, “Kata Pengantar” buku John L. Esposito, Masa Depan Islam: Antara Tantangan Kemajemukan dan Benturan dengan Barat, terj. Yuliani Liputo, (Bandung: Mizan, 2010)

Karlina Supelli, “Ciri Antropologis Pengetahuan”, dalam Ihsan Ali Fauzi dan Zainal Abidin Bagi (Penyunting), Dari Kosmologi ke Dialog: Mengenal Batas Pengetahuan, Menentang Fanatisme, (Bandung: Mizan, 2011)

Kautsar Azhari Noer, “Passing Over”: Memperkaya Pengalaman Keagamaan”, dalam Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (ed), Passing Over: Melintasi Batas Agama, (Jakarta: Gramedia, 1998)

Martin van Bruinessen (ed), Conservative Turn: Islam Indonesia dalam Ancaman Fundamentalisme, (Bandung: Mizan, 2014).

Muhammad Imarah, Islam dan Pluralitas: Perbedaan dan Kemajemukan dalam Bingkai Persatuan , terj Abdul Hayyie Al-Katanie, (Jakarta: Gema Insani Press, 1999)

Muhammed Arkoun, Membedah Islam di Barat: Menepis Tudingan, Meluruskan Kesalahpahaman, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004)

Nur Syam, Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaan, (Yogyakarta: Kanisius, 2009)

Nurcholish Madjid, Dialog Keterbukaan, (Jakarta: Paramadina, 1998)

______, Islam Agama Kemanusiaan, (Jakarta: Paramadina, 1995)

Reshad Field, Tabir Terakhir: Petualangan Rohani ke Negeri Para Darwis, terj. Syarifah Levi, (Jakarta: Serambi, 2004)

Robert N. Bellah, Beyond Belief: Esai-esai tentang Agama di Dunia Modern, terj. Rudy Harisyah Alam, (Jakarta: Paramadina, 2000)

Seyyed Hosein Nasr (ed), Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam, terj. Rahmani Astuti, (Bandung: Mizan, 2002)

Syafa’atun Almirzanah, When Mystic Maters Meet: Paradigma Baru dalam Relasi Kristiani-Muslim, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v15i2.8213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.