Varietas Azab Di Dunia Dalam Al-Qur’an (Penafsiran Tematik QS. Al-Ankabut: 40)
Abstract
Abstract
The Qur’an not only serves as a guidance for Muslims but also admonition for humans. Through its revelation, God gives rewards to those who obey Him and threatens with punishments to those who disobey Him. Q. al-Ankabut: 40one of Qur’anic verses discussing torment. The type of torment according to the Qur’an is divided into two: torment in the world and torment in the afterlife. The former can be understood in terms of both formal and substantial torment. Understanding the torment in the world, therefore, can encourage Muslims to avoid disobedience to God. Performing God’s commands is the very principle of human creation. Indeed, torment according to the Qur’an is not limited to four categories. But, this article particularly discusses four categories of torment in the world explained in Q. al-Ankabut: 40, namely Hasiba, Ash Shaihah, Khasafa fil Ardhi, and Aghraqa. These four torments are related to God’s speech in the previous verses and other verses in the Qur’an. It is significant, therefore, to study the verse to understand God’s torments to humans. The verse should be read thematically in relation to other verses.
Abstrak
Al-Qur’an di samping sebagai hukum pedoman bagi umat Islam berfungsi juga sebagai sebuah kitab peringatan untuk manusia. Di dalamnya Allah swt. memberikan janji bagi orang-orang yang taat kepada-Nya dan mengancam dengan azab bagi yang durhaka kepada-Nya. QS. Al-Ankabut: 40 merupakan salah satu contoh ayat yang membicarakan tentang azab dari sekian banyak ayat. Karena pembahasan azab dalam al-Qur’an secara prinsipnya terbagi menjadi dua; yaitu azab di dunia dan azab di akhirat. Azab di dunia terbagi pula kepada azab yang dhahir dan maknawi. Mengetahui azab yang Allah swt. turunkan di dunia mampu mempengaruhi seseorang untuk menjauhi kemaksiatan kepada-Nya. Dan menjauhi azab dengan mewujudkan perintah Allah swt. merupakan perkara asas penciptaan manusia. Azab dalam al-Qur’an tidak terbatas pada 4 jenis saja, akan tetapi pada pembahasan ini dibatasi pada kajian surah Al-Ankabut ayat 40 yang mengkaji 4 jenis azab di dunia. Yaitu Hasiba, Ash Shaihah, Khasafa fi Al Ardhi dan Aghraqa. Keempat azab tersebut memiliki keterkaitan dengan pembicaraan Allah swt. pada ayat-ayat sebelumnya dan ayat-ayat pada surat yang lain. Oleh karenanya sangat perlu mengkaji ayat tersebut agar mendapatkan kesimpulan yang benar terkait azab yang Allah berikan kepada hambanya. Kemudian akan disandingkan dengan beberapa ayat dan penafsiran yang berkaitan dengan tema azab.
Kata Kunci: Azab Dunia, Empat Azab, Azab Dhahir.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Fattah Al-Husaini, Hamadah Muhammad. “Alfâdz Adawât Al-Adzâb fî Ad-Dunyâ". Kairo, 2003.
Abdul Jalil Yusuf, Husna. “Tashîl Syarh Ibn Àqîl". Kairo: Yayasan Al-Mukhtar, 2000.
Abdullah bin Aqil, Bahauddin. “Syarh Ibn Àqîl". Jilid. II. Kairo: Dar Ath-Thalaì, 2004.
Adz-Dzahabi, Muhammad Husain. “Ìlmu At-Tafsîr". Kairo: Dar Al-Maárif, t.t.
Al-Baghawiy, Al-Husain bin Masúd. “Tafsîr Al-Baghawî". Jilid. VII. Riyad: Dar Thayyibah, 1412.
Al-Baghdadi, Jamaluddin. “Zâd Al-Masîr fî Ilmi At-Tafsîr". Jilid. VI. Beirut: Al-Maktabah Al-Islamiyyah, 1984.
Al-Hishn Al-Manshuri, Musthafa. “Al-Muqtathaf min Ùyûn At-Tafâsîr". Jilid. VI. Beirut: Ad-Dar Asy-Syamiyyah, t.t.
Al-Qaththan, Manna’ Khalil. “Mâbahits fî Ùlûm Al-Qur’an". Kairo: Maktabah Wahbah, t.t.
Al-Qurthubi, Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar. “Al-Jâmi` Liahkâm Al-Qur’ân". Jilid. XXI. Lebanon: Yayasan Ar-Risalah, 2006.
Amin Asy-Syafií, Muhammad. “Tafsîr Hadâiq Ar-Rûh wa Ar-Rahmân". Jilid. XXI. Lebanon: Dar Thuq An-Najah, 2001.
Aqilah Al-Makki, Ibnu. “Az-Ziyâdah wa Al-Ihsân fî Ùlûm Al-Qur’ân". Jilid. VI. UEA: Markaz Al-Buhuts wa Ad-Dirasah, 2006.
Ar-Razi, Fakhruddin. “Mafâtîh Al-Ghaib". Jilid. XXV. Lebanon: Dar Al-Fikr, 1981.
As-Sa’di, Abdurrahman. “Taisîr Al-Karîm Ar-Rahmân". KSA: Al-Bayan, t.t.
Athiyyah Al Andalusi, Ibnu. “Al-Muharrar Al-Wajîz fî Tafsîr Al-Kitâb Al-Azîz". Jilid. IV. Lebanon: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah, 2001.
Audhullah Abbas, Abbas. “Muhâdharât fî At-Tafsîr Al-Maudhûî". Damaskus: Dar Al-Fikr, 2007.
Az-Zarqani, Muhammad Abdul Adzim. “Manâhil Al-Ìrfân fî Ùlûm Al-Qur’ân". Jilid. 1. Lebanon: Dar Al-Kutub Al-Arabi, 1995.
Ibn Jarir Ath-Thabari, Muhammad. “Tafsîr Ath-Thabarî". Jilid. XVIII. Kairo: Markaz Al-Buhuts wa Ad-Dirasat Al-Arabiyyah wa Al-Islamiyyah, 2001.
Ibn Katsir, Ismail. “Tafsîr Al-Qur’ân Al-`Adzîm". Jilid. VIII. Kairo: Al Maktabah At Tufiqiyyah, 2012.
Ibnu Asyur, Muhammad Ath Thahir. “Tafsîr At-Tahrîr wa At-Tanwîr". Jilid. XX. Tunisia: Ad-Dar At-Tunisiyyah, 1984.
Ismail An-Nahas, Ahmad bin Muhammad bin. “I’râb Al-Qurân". Jilid. III. Maktabah Nahdzah Al-Arabiyyah, 1985.
Muslim, Musthafa. “Mabâhits fî At-Tafsîr Al-Maudhûî". Riyad: Dar At-Tadmuriyyah, 2009.
Musthafa Al-Hanafi, Ismail. “Tafsîr Rûh Al-Bayân". Jilid. VI. Dar Ihya’ At-Turats Al-Arabi, t.t.
Salim Muhaisin, Muhammad. “Târîkh Al-Qur’ân Al-Karîm". Jeddah: Dar Al-Ashfahan, 1402.
Ulama’ Pilhan, Sekumpulan. “At-Tafsîr Al-Muyassar". Mesir: Dar Al-Islam, 2012.
Ulama’ Tafsir, Sekumpulan. “Al-Mukhtashar fî Tafsîr Al-Qur’ân Al-Karîm". Riyad: Markaz Tafsir liddirasat At Tafsiriyyah, 1439.
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-dzikra.v14i1.6314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yoga Riyandi
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
Al-Dzikra [ISSN: 1978-0893, e-ISSN: 2714-7916] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Office: Gedung Dekanat Lama Lt. 2, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, KP. 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-dzikra/index, email: aldzikra@radenintan.ac.id
Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur'an dan al-Hadits is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.