Historiografi Islam Kesarjanaan Barat dalam Tinjauan Ortodoksi dan Heterodoksi

Ahmad Labib Majdi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis historiografi Islam kesarjanaan Barat dalam sudut pandang ortodoksi dan heterodoksi. Narasi dan historiografi Islam kesarjanaan Barat yang berusaha untuk didudukkan posisinya adalah karya-karya historiografi yang tergolong pada karya-karya revisionis moderat dan radikal. Untuk tujuan ini, dirumuskan konsep ortodoksi-heterodoksi dalam kajian sejarah Islam. Artikel ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif kepustakaan dengan sifat analisis deskriptif-eksplanatif-interpretatif dan menggunakan pendekatan historis-filosofis sebagai alat bantu analisis. Temuan yang didapatkan adalah jika dilihat dari narasinya, maka karya historiografi revisionis dapat dipandang heterodoks, tetapi jika dilihat dari epistemolog-metodolog, maka dapati diposisikan sebagai ortodoks. Namun, karena dua istilah ini kadang tidak diterima begitu saja, maka artikel ini juga menawarkan kajian sejarah Islam kesarjanaan Barat yang menghasilkan historiografi Islam revisionis sebagai sebuah kajian yang ada pada tataran ortopraksi. Dengan tawaran demikian, karya historiografi Islam revisionis tidak perlu ditolak dari segi epistemologi dan metodologinya, walaupun tidak dapat diterima sepenuhnya dari sisi hasil temuan atau kesimpulan.


Keywords


historiografi Islam; kesarjanaan Barat; ortodoksi; heterodoksi;

Full Text:

PDF

References


Abdul-Rauf, M. (2001). Outsiders’ Interpretations of Islam: A Muslim’s Point of View. In

Richard C. Martin (Ed.) Approaches to Islam in Religious Studies. Oxford: Oneworld

Publication.

Abou El Fadl, K. (2014). Speaking in God's name: Islamic law, authority and women. New

York: Simon and Schuster.

Al Makin. (2015). Antara Barat Dan Timur: Batasan, Dominasi, Relasi, Dan

Globalisasi. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Arkoun, Mohammed. (1994). Nalar Islami dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan

Jalan Baru. Jakarta: INIS.

Bakri, Syamsul. (2014). Pendekatan-pendekatan dalam Islamic Studies. Dinika, 12(1), 7-16.

Burhanuddin, Nunu. 2016. Akar dan Motif Fundamentalisme Islam. Wawasan: Jurnal

Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1(2), 199-210. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.831.

de Jonge, Christian. (1990). Menuju Keesaan Gereja: Sejarah, Dokumen-dokumen dan

Tema-tema Gerakan Oikumenis. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Donner, Fred M. (1998). Narratives of Islamic Origins: The Beginning of Islamic Historical

Writing. Princeton, New Jersey: The Darwin Press.

Donner, Fred M. (2010). Muhammad and The Believers at the Origins of Islam.

Massachusetts: Harvard University Press.

Faiz, Fahruddin. (2014). “Nalar Anti-Kajian Islam UIN (Kritik Epistemologis terhadap

Buku Ada Pemurtadan di IAIN)”. Simposium Nasional Asosiasi Keilmuan Filsafat di

Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, Desember 2014. Yogyakarta: FA Press.

Foucault, Michel. (1971). Archeology of Knowledge and the Discourse on Language. New

York: Pantheon Books.

Heri, Musnur. (2016). Pengembangan Studi Islam Perspektif Insider-Outsider. Intizar,

(2), 199-220. https://doi.org/10.19109/intizar.v22i2.941

Kaelan. (2016). Membuka Cakrawala Keilmuan. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Belukar.

Kuntowijoyo. (2003). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kuntowijoyo. (2008). Penjelasan Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Martin, Richard C. & Abbas Barzegar. (2012). Formation of Orthodoxy: Authority, Power

and Network in Muslim Societies. In Carl W. Ernst dan Richard C. Martin (Eds.).

Rethinking Islamic Studies: From Orientalism to Cosmopolitan. Columbia: University

of South Carolina Press.

Masrur, Ali. (2012). Diskursus Metodologi Studi Hadis Kontemporer Analisa Komparatif

antara Pendekatan Tradisionalis dan Pendekatan Historis. Journal of Qur’an and

Hadith Studies, 1(2), 237-249. https://doi.org/10.15408/quhas.v1i2.1326

Maufur, Mustolah. (1995). Orientalisme: Serbuan Ideologis dan Intelektual. Jakarta:

Pustaka al-Kautsar.

McDonough, Sheila. (1993). Orthodoxy and Heterodhoxy. Dalam Mircea Eliade (ed.). The

Encyclopedia of Religion, vol. 2. New York: Simon & Schuster.

Muammar, Arfan, dkk. (2017). Studi Islam Kontemporer Perspektif Insider/Outsider.

Yogyakarta: IRCiSoD.

Muslih, Mohammad. (2016). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Belukar.

al-Qaththan, Manna. (1993). Mabahits fi Ulum al-Quran. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Rajashekar, J. Paul. (1987). Dialogue with People of Other Faiths and Ecumenical

Theology. In Samuel Amirthan & Cyris H. S. Moon (Eds.). The Teaching of

Ecumenics. Geneva: WCC Publication.

Rahman, Fazlur. (2001). Approaches to Islam in Religious Studies: Review Essay. Richard

C. Martin (Ed.) Approaches to Islam in Religious Studies. Oxford: Oneworld

Publication.

Rahman, Yusuf. (2013). Tren Kajian al-Quran di Barat. Studia Insania, 1(1), 1-8.

http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v1i1.1076.

Reese, William L. Dictionary of Philosophy and Religion: Eastern and Western Thought.

New York: Humanity Books, 1996.

Rofiq, Muhammad. (2012). Gelombang Baru Studi Islam dan Masyarakat Muslim Pasca

Orientalisme. Afkaruna Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 25-34.

https://doi.org/10.18196/aiijis.2012.0003.25-34

Sirry, Mun’im. (2017). Kemunculan Islam dalam Kesarjanaan Revisionis. Yogyakarta: Suka

Press.

Sirry, Mun’im. (2018). Islam Revisionis Kontestasi Agama Zaman Radikal. Yogyakarta:

Suka Press.

Sjamsuddin, Helius. (2007). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Taliaferro, Charles & Elsa J. Marty (ed.). (2010). A Dictionary of Philosophy of Religion.

New York: Continuum International Publishing.

Titus, Harold H. dkk. (1984). Persoalan-persoalan Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang.

Wijaya, Aksin. (2018). Dari Membela Tuhan ke Membela Manusia: Kritik atas Nalar

Agamaisasi Kekerasan. Bandung: Mizan.

Yatim, Badri. (1997). Historiografi Islam. Jakarta: Logos, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jhcc.v2i1.7886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Authors



Jurnal El Tarikh is the Journal of History, Culture,and Islamic Civilization (JHCC) [ISSN:2774-7999 dan e-ISSN: 2774-8723] published by Faculty of Adab, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Prodi Sejarah Se-Indonesia (PPSI) and Asosiasi Program Studi Sejarah Islam Se-Indonesia (APSII)

Office: Faculty of Adab, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, KP. 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/eltarikh, Email: Jurnaleltarikh@radenintan.ac.id 

Creative Commons License

Jurnal El Tarikh is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBARDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR