Sufistic Phsycoteraphy; Telaah Metode Psikoterapi Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena nir-kebahagiaan, kegersangan hati, kehampaan, dan sakitnya jiwa manusia yang belum mampu disembuhkan oleh dunia medis maupun psikologi dengan aliran-aliran psikoterapinya. Kenyataan tersebut mendorong manusia untuk mencari solusi lain, salah satunya melalui jalan agama dengan bertasawuf. Pada kajian kualitatif ini, peneliti menggunakan metode diskriptif dan analisis konten. Penelitian ini akan mengkaji Pandangan Ibnu Qayyim al Jauziyah dalam mengurai dan memberikan solusi atas masalah kejiwaan. Ibnu Qayyim berpendapat, hendaknya manusia bertakhalli dengan mengosongkan diri terutama jiwanya dari penyakit hati, sifat dan perbuatan buruk. Lalu bertahalli dengan menghiasi dirinya melalui ibadah yang dituntun syari’at, juga bermujahadah melalui beberapa tingkatan maqamat. Hingga akhirnya manusia mencapai tajalliyat al nafs, dimana pada derajat tersebut manusia akan kembali pada kebeningan hati serta kebersihan jiwa yang menjadi manifestasi kesehatan jiwa yang dilahirkan oleh tasawuf. Penting untuk dicatat, bahwa gagasan Ibnu Qayyim bukanlah hasil tulisan intelektual semata, namun juga solusi yang telah diamalkan sendiri juga dirasakan berdampak positif oleh khalayak ramai. Besar harapan penulis, kajian ini dapat memberikan sumbangsih ilmiah dan mampu memberikan solusi terhadap masalah kejiwaan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, Gusti. Terapi Sufistik untuk Penyembuhan Gangguan Kejiwaan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2010.
Ainul, Dewi Mardliyah. ‘Terapi Psikospiritual Dalam Kajian Sufistik’. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora. 14. 2 (2017). al Jauziyah, Ibnu Qayyim. Al Daa’ wa Al Dawaa’. Beirut: Daar al Fikr, 1992.
———.Ighatsatul Lahfan fii Mashayidi al Syaithan.Jedah: Daar ‘Alam al Fawaaid, tanpa tahun.
———.Kitab al Ruh. Kairo: Dar al Taqwa, 1992.
———.Madaarij al-saalikin bayna Manaazil Iyyaka Na’budu waiyyaaka nasta’in. Beirut: Daar al Kutub al ‘Araby, 1972.
———..Madarij al-salikin bayn manazil iyyaka na’budu waiyyaka nasta’iin. Kairo: Daar al Fikr, 1992.
———.Madarijus-Salikin (Jalan Menuju Allah). Terj. Kathur Suhardi, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1998.
———.Manajemen Qalbu Melumpuhkan Senjata Syaithan. Terj. Ainul Haris Umar Arifin. Jakarta: Darul Falah, 2005.
———.al-Thib al-Nabawy. Riyadh: Daar al-Salaam, 2014.
Ainiah Abdullah Ainiah, “Maslahah dalam Pelegalan Tas’ir Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah”, Al-Muamalat: jurnal hokum dan ekonomi syariah, Vo. 4, No.1, 2019.
al Kasyani, Abdur Razzaq. Mu’jam Istilahat al Sufiyah. Kairo: Dar al ‘Inad 1992.
al Nawawi, M. Syarh Shahih Muslim. Beirut: Daar al Khair, 1996.
al Wahab, Bassam Abu. Tashin al ‘Amal fi Qita’I al Hidmat al Sihhiyyah. Damaskus: Ma’had ‘Arabi li al Shihhah wa al Salamah, 2017.
al-Taftazani, Abu al Wafa’ al-Ghanimi. Sufi dari Zaman ke Zaman. Bandung: Pustaka, 1997.
Arifin, Isep Zainal. Bimbingan Penyuluhan Islam, Pengembangan Dakwah Melalui Psikoterapi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Arief Rifkiawan Hamzah, “Pendidikan Spiritual Dalam Kitab Tuhfah Al-Maudūd Bi Ahkāmi Al-Maulūd Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, TARBAWIYAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vo. 2, No.01, 2018.
Ariyanto, Darojat. ‘Psikoterapi Dengan Doa’. Suhuf. 13. 1 (2006).
Arroisi, Jarman. ‘Spiritual Healing Dalam Tradisi Sufi’. Tsaqafah. 14. 2 (2018).
as-Syatibi, Abu Ishaq. Al Muwafaqot fii al Ushul Syari’at. (Kairo: Daar al Hadist, 2006).
Az-Zumaro. Aktivasi Energi Doa dan Dzikir Khusus untuk Kecerdasan Super. Yogyakarta: Diva press, 2011.
B, Bogar. C. dan Killacky, D.H. ‘Resiliency determinants and resiliency processes among female adult survivors of childhood sexual abuse’. American Counseling Association. 84. 1 2006.
Badri, Malik. Contemplation: An Islamic Psychospiritual Study. London: IIIT, 2018.
———.Dkk. Islamia: Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam. Vol. X, No. 1. Jakarta: INSISTS, 2016.
Burhani, Ahmad Najib. Manusia Modern Mendamba Allah; Renungan Tasawuf Positif. Jakarta: Mizan Media Utama, 2002.
Creswwell, John W. Research Design; Qualiative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, 2009.
D, Donev. Human health; definition, concept and content. How the disease occurs and the natural course of disease. Modern concept and definition of healthcare. Macedonia: Skopje Faculty of Medicine, 2000.
Darajat, Zakiah. Mukjizat Alquran dan As-Sunnah tentang Kesehatan Mental dalam Mukjizat Alquran dan Sunnah tentang IPTEK. Jakarta: GIP, 1997.
———.Kesehatan Mental. Jakarta: PT. Gunung Agung, 1983.
Dasril, Dasril. ‘Psikoterapi Pendekatan Sufistik Dalam Menangani Masalah Agama Dan Moral Remaja’. Ta’dib. 11. 2 (2008).
F, Sham. ‘Islamic psychoterapy approach in managing adolescent hysteria in Malaysia’. Journal of Psychological Abnormalities in Children. 4. 3 (2015).
Farid, Ahmad. Tazkiyah al Nufus wa Tarbiyatuha kama Yuqarriru ‘Ulama al Salaf Ibnu Raghib al Hanbali Ibnu Qayyim Abi Hamid al Ghazali. Beirut: Dar al Qalam, 1985.
Fatahillah, Muhammad. Klinik Pengobatan Thibbun Nabawi di Kota Pontianak. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura. 4. 2 (2016).
Fathuddin, Muhammad Habib and Fachrur Razi Amir. ‘Konsep Tazkiyatun Nafs Menurut Ibnu Qoyyim Al Jauziyah Dalam Kitab Madarijus Shalikin Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan’. Jurnal Ta’dibi. 5.2 (2016).
Frager, Robert. Psikologi Sufi; Untuk Transformasi Hati, Jiwa dan Ruh. Jakarta: Zaman, 2014.
Hadi, M. Fahli Zatra. ‘Tasawuf Untuk Kesehatan Mental’. Tasawuf. 40. 1 (2015).
I, Setyabudi. ‘Pengembangan Metode Efektivitas Dzikir Untuk Menurunkan Stres Dan Afek Negatif Pada Penderita Stadium Aids’. Jurnal Psikologi. 10. 2 (2012).
Imron, Ali. ‘Tasawuf Dan Problem’. Tribakti. 29. 1 (2018).
Ismail, Muhammad Arifin. “Geanalogi Pemikiran Ibnu Qayyim al Jauziyah”. Makalah disajikan dalam Kajian Webinar INSISTS. Jakarta, 5 Agustus 2020.
J, Anggoro W. danWidhiarso W. ‘Konstruksi dan identifikasi property psikometris instrument pengukuran kebahagiaan berbasis pendekatan indigenous psychology: studi multitrait-multimethod’. Jurnal Psikologi. 37. 2 (2010).
J, Levin. ‘Religion and mental health: theory and research’. International Journal of Applied Psychoanalytic Studies. 7. 2 (2010).
Jaenudin, Ujam. Psikologi Transpersonal. (Bandung: Pustaka Setia, 2012).
Jalaluddin. Psikologi Agama. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000).
Jamil, M. Cakrawala Tasawuf; Sejarah, Pemikiran dan Kontekstualitas. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta, 2007.
Jauhari, Iman. ‘Kesehatan Dalam Pandangan Hukum Islam’. Kanun: Jurnal Ilmu Hukum. 13. 3 (2011).
M. Sholeh dan Musbikin. Agama sebagai terapi: Telaah menuju ilmu kedokteran holistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Mamat, I dan Mukhtar M. ‘A Book Review: Contemplation; An Islamic Psychospiritual Study’. International Journal of Education, Psychology and Counseling. 2. 6 (2017).
Makmudi Makmudi, Ahmad Tafsir, Ending Bahruddin, Akhmad Alim, “Urgensi pendidikan akhlak dalam Pandangan Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah”, TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No.1, 2019.
Marhaban, “Konsep Qur’ani Dalam Pemikiran Tasawuf Ibnu Qayim Al-Jauziyah”, jurnal At-Tibyan: jurnal ilmu Al-Quran dan Tafsir, Vol. 3, No.1, 2018.
Muhammad Za’im, “Pendidikan Anak Dalam Pengembangan Kecerdasan Iq, Eq Dan Sq (Studi Kitab Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud Karya Ibnu Al- Qayyim Al- Jauziyah)”, MUALLIMUNA: jurnal madrasah ibtidaiyah, Vol. 2, No.1, 2016.
Mursyid Djawas, Muhammad Yahya Muhammad Yahya, “ Status Talak bagi Wanita Haidh (Analisis Pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)”, SAMARAH: jurnal hokum keluarga dan hokum islam, Vol. 1, No. 1, 2017.
Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Mubasyaroh. ‘Pendekatan Psikoterapi Islam Dan Konseling Sufistik Dalam Menangani Masalah Kejiwaan’. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 8.1 (2017)
Muhimmatul, Hasanah. ‘Stres Dan Solusinya Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam’. Jurnal Ummul Qura. 8. 1 (2019)
Mujib, Abdul dan Mudzakir Jusuf. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi, 2013.
Musradinur, ‘Stres dan Cara Mengatasinya Dalam Pespektif Psikologi’, Jurnal Edukasi, 2. 2 (2016).
N, Anggraini. W dan Subandi. ‘Pengaruh terapi relaksasi dzikir untuk menurunkan stres pada penderita hipertensi essencial’. Jurnal Intervensi Psikologi. 6. 1 (2014).
N, Krouse. ‘Gratitude toward god, stress, and health in late life’, Research on aging journal, Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Rajawali Pers, 2011.
Nazir, M. Metode Penelitian. (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003).
Nurrohim, Ahmad. ‘Antara Kesehatan Mental dan Pendidikan Karakter’. Jurnal ATTARBIYAH. 1. 2 (2016).
Punaji, Setyosar. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT. Kencana, 2010.
Putra, Sakha Meindra, Isep Zaenal Arifin, dan Siti Chodijah. ‘Terapi Penyakit Maksiat Menurut Ibnu Al-Qayyim’. 7. 2 R, Affandi. G. dan Diah. D. R. ‘Religiusitas sebagai prediktor terhadap kesehatan mental: studi terhadap pemeluk agama Islam’. Jurnal Psikologi. 6. 1 (2011).
Rachmaningtyas, Fratiwi, dan Mubarak. ‘Psikoterapi Islam Pada Pasien Gangguan Jiwa Akibat Penyalahgunaan Narkoba Di Pondok Inabah Banjarmasin’. Jurnal Studia Insania. 2. 2.
Rahmatiah, Sitti. ‘Metode Terapi Sufistik Dalam Mengatasi Gangguan Kejiwaan’. Jurnal Dakwah Tabligh. 18. 2.
Rahmatullah, Azam Syukur. ‘Qalbun Healing Berbasis Tasawuf : Upaya Menyehatkan Jiwa Terhadap Homoseksual’. Psikis : Jurnal Psikologi Islami. 5. 1 (2019).
Rofiah, Na’im. Dkk. NU Melawan Korupsi: Kajian Tafsir dan Fiqih. Jakarta: PB Nahdlatul Ulama, 2006.
Ropi Marlina, Julian, Asma Arisman Dewi, “Telaah Pemikiran Ekonomi Menurut Ibnu Qayyim (1292-1350 M / 691-751 H)” E-QIEN: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3, No.2, 2016.
S, Handayani. ‘Efektivitas terapi religi terhadap penurunan stres pada lansia janda. TRIAGE: Jurnal Ilmu Keperawatan. 8. 1 (2016).
S, Sydney Ellen. A Short History of Modern Psychology. Terj. Lita Hardian. (Bandung: Nusa Media, 2014).
Siti Nurbaeti, “ Hadis tentang Nasab Anak Zina dalam Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah”, HOLISTIC AL HADIS: Jurnal Studi Hadis, Keindonesiaan, dan Integrasi Keilmuan, Vo.4, No.2, 2018.
Solihin, M. Penyembuhan Penyakit Kejiwaan Prespektif Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 2004.
Solihin, M. Terapi sufistik. Bandung: Pustaka Setia, 2004.
Syukur, Amin. Menggugat Tasawuf; Sufisme dan Tanggung Jawab Sosial Abad 21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Syukur, Amin. Sufi Healing; Terapi dengan Metode Tasawuf. Jakarta: Erlangga, 2012.
Syukur, M. Amin. ‘Sufi Healing: Terapi dalam Literatur Tasawuf’. Jurnal Walisongo. 20. 2 (2012).
Trimulyaningsih, Nita. ‘Efektivitas Psikoterapi Islam Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental: Sebuah Studi Metaanalisis’. Jurnal Psikologi Islam. 6. 1 (2019).
W, Ying. Y. ‘Religiosity, spirituality, mindfulness, and mental health in social work students’. Critical Social Work Journal. 10. 1 (2009).
Waslah. ‘Peran Ajaran Tasawuf Sebagai Psikoterapi Mengatasi Konflik Batin’. At-Turats. 11. 2 (2017).
Yurisaldi. Berzikir untuk Kesehatan Syaraf. (Jakarta: Hikaru Publishing, 2018).
Z, Arifin, I. ‘Bimbingan dan Konseling Islam Berbasis Ilmu Dakwah’. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. 11. 4 (2008).
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v21i2.9884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Analisis: Jurnal Studi Keislaman
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
Analisis: Jurnal Studi Keislaman Indexed by:
ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman [p-ISSN: 2088-9046, e-ISSN:2502-3969] published by Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Office: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, INDONESIA, KP. 35131. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis, email: analisis@radenintan.ac.id